Senin, 07 November 2011

Tips Membeli Modem

membeli modem yang harus di perhatikan....
Bingung memilih dan membeli modem eksternal? sebenarnya tidak sulit ko. Kita hanya perlu memperhatikan  beberapa point.

1. Lebih baik Modem USB
Seyogyanya kita membeli modem dengan konektor USB, bukan yang berwujud PCMCIA card maupun express card. Alasannya, modem USB lebih leluasa kita gunakan di berbagai peranti. Mulai netbook, notebook, hingga PC di rumah.

2.  Pilih HSDPA atau EvDO
Kalau kita mencari modem GSM, carilah yang telah mendukung HSDPA alias 3,5 G. Sebab harga jualnya hanya berbeda tipis dengan modem GPRS atau 3G saja. Sekedar gambaran, modem USB HSDPA baru dan bergaransi resmi saat ini sudah bisa dibawa pulang dengan dana sekitar 300 ribuan.
Sementara itu, kalau kita berburu modem CDMA, carilah yang sudah kompatibel dengan layanan EvDO. Lebih baik lagi kalau modem EvDO itu dapat digunakan di frekuensi 800 maupun 1900 MHz.

3. Harus Unlocked.
Sebaiknya kita memilih modem yang bersifat unlocked sehingga tidak perlu kontrak mati dengan layanan salah satu operator. Pengalaman, layanan akses data operator GSM dan CDMA apapun di Indonesia selalu mengalami pasang surut. Kadang bagus, kadang buruk. Nah, dengan memilih modem unlocked, kita bisa dengan leluasa dapat beralih ke layanan akses data operator yang kinerjanya sedang prima.

4. Tak harus yang tercanggih.
Carilah modem yang memiliki spesifikasi teknis sesuai dengan kebutuhan kita. Percuma kita membeli modem tercanggih, yang kompatibel dengan layanan HSPA 14,4 Mbps, tetapi kemuadian dipadukan dengan paket internet unlimited murah meriah. Bila kita tetap melakukannya, hal itu laksana kita membeli mobil ferrari, namun mengendarainya di kampung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.