Minggu, 20 November 2011

4 Cara Minta Maaf Kepada Orang Lain

Kekuatan Kata Maaf

Kemampuan melihat kesalahan adalah kesempatan untuk maju. Bila kita menganggap kesalahan sebagai hal yang tak bisa diperbaiki, maka otomatis kita pun kehilangan rasa percaya dari teman terdekat, atasan, dan juga pasangan.
Tetapi bila dihadapi dengan baik, artinya dengan menyampaikan kata maaf pada tempatnya, kesalahan justru menjadi kesempatan untuk mempererat hubungan sosial kita. Karena keberanian mengucapkan kata maaf menunjukkan kita cukup rendah hati. Sekaligus berbesar hati. 
Namun terkadang berkata maaf tidak semudah yang kita bayangkan, terkadang sulit mengucapkan kata maaf dengan tulus. 
Di bawah ini ada langkah-langkah untuk memudahkan berkata maaf :

1. SADARI KESALAHAN
Rela mengakui kesalahan dan mau bertanggung jawab. Mulailah dengan ucapan yang tulus dan langsung pada permasalahan. Ini membuat orang yang terluka mau menerima dan memaafkan.

2. BERI PENJELASAN
Setelah mengaku, beri penjelasan pada orang yang telah kamu sakiti. Yakinkan bahwa kamu tidak bermaksud buruk. Langsung minta maaf adalah menunjukkan keseriusan kita.

3. TAWARKAN PERBAIKAN
Agar lebih sempurna, tawarkan mengganti kerugian yang terjadi walau hanya sebagai simbol. Bisa juga dengan mengirim pesan atau hadiah kecil.

4. WAKTU YANG TEPAT
Untuk masalah besar, hadapi orangnya, tatap matanya dan beri penjelasan yang diperlukan. Dikantor, segera minta maaf sebelum bos atau klien menyadari kesalahan kita. Hal ini membuat kita tampak lebih teliti. Hindari minta maaf saat seseorang sedang marah. Karena bisa tak diterima. Jangan ikut marah. Temui dan jelaskan duduk perkaranya beberapa hari kemudian. Saat itu pasti kemarahannya sudah berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.