Jumat, 18 November 2011

BERAGAM FITUR TERBAIK DI ANDROID 4.0

Fitur-fitur yang akan lahir di android terbaru ini yang dikenal dengan OS Ice Cream Sandwich (ICS) akan menggabungkan fitur-fitur terbaik dari dua edisi android sebelumnya, android 2.x (untuk smartphone) dan android 3.x (untuk tablet PC).

1. Antarmuka
Perubahan pertama yang dirasakan di sisi interface. Penampilan android 4.0 dikatakan akan lebih modern, pergerakan menu lebih intuitif, dan sistem umpan balik yang lebih menarik. ICS akan menyediakan tiga tombol virtual (Kembali, Home, dan Aplikasi) yangberjejer di area layar bagian bawah. Ketiganya akan muncul di setiap aplikasi, sehingga android 4.0 sepertinya tidak akan butuh lagi tombol fisik. Keyboard QWERTY virtual mengalami penyempurnaan juga, diklaim lebih akurat dan lebih cepat.


2. Widget
Widget yang menempel di homescreen dibuat fleksibel. Ukurannya dapat diubah-ubah dan dijanjikan bakal lebih interaktif, seperti widget untuk mengontrol musik, email, jejaring sosial, dan lain-lain.

3. Roboto.
Salah satu inovasi besar yang dilakukan android ICS terletak pada sistem huruf, dengan hadirnya jenis font baru yang disebut Roboto. Huruf lebih tajam dan didesain agar dapat tampil maksimal pada layar resolusi tinggi, sehingga pengguna dapat menikmati sajian buku digital lebih nyaman.

4. Multitasking
Akan menawarkan visual baru dan lebih mudah. Jika dilihat tutorial yang didemokan, sistem multitasking model baru ini sedikit banyak mengadopsi milik android 3.x

5. Lockscreen
Seperti di iOS5, pengguna android pun bakal bisa mengaktifkan kamera atau memeriksa pesan dari layar pengunci. Begitu juga saat mendengarkan musik, kita dapat mengatur lagu-lagu yang diputar tanpa perlu masuk ke halaman menu.

6. Instant Voice.
Fasilitas untuk mengubah suara menjadi teks. Fungsi ini memang bukan hal baru, di ICS akan lebih dioptimalkan dengan memakai mesin input baru.

7. Optimasi Web Browser
Web browser diklam mengalami perombakan yang signifikan. Termasuk dalam hal kecepatan, sinkronisasi bookmark dengan chrome browser versi desktop, mendukung sampai 16 window (halaman) dan dapat menyimpan halaman web secara offline.

8. Face Unlock.
Fitur baru inilah yang paling menarik dari android 4.0. Faceunlock merupakan tehnologi pengenalan wajah untuk mengaktifkan (membuka) handset, dari posisi terkunci.

9. Folder Homescreen.
Berguna untuk mengelompokkan aplikasi dan shortcut secara bersama-sama dalam sebuah folder. Mendapatkan informasi atau menghapus aplikasi pun akan lebih mudah, dengan cara menyeret aplikasi, seperti pada honeycomb.

10. Favourite tray.
panel di halaman homescreen sehingga pengguna dapat menaruh berbagai konten, seperti aplikasi, folder, sampai alarm pada satu lembaran khusus. Panel ini dapat dikostumisasi sesuai keinginan.

11. Kontrol Data Internet.
Kamu dapat mengontrol data internet, baik itu via jaringan seluler ataupun WiFi. Kamu juga dapat melihat konsumsi data yang digunakan masing-masing aplikasi yang sedang berjalan. Integrasi dengan jejaring sosial dikatakan akan lebih mendalam dengan visualisasi yang lebih baik. 

12.  Kamera.
memiliki interface baru, proses bidik yang lebih cepat, fitur deteksi wajah, zooming pada rekam video, fasilitas editing gambar, dll.

13. Android Beam. Merupakan fasilitas sharing file antar peranti dengan memenfaatkan Near Field Communication (NFC). Tehnik ini tentunya hanya dapat dicicipi pada smartphone android yang telah dilengkapi NFC.

14. Screenshot atau Fitur.
Untuk mengambil gambar menu akhirnya disediakan secara default. Pengguna tidak perlu lagi susah-susah me-rooting, cukup tekan tahan tombol volume bawah dan tombol power.
15. WiFi Direct.
Tehnik optimasi koneksi WiFi. Dengan WiFi direct, kamu dapat berbagi file atau mencetak dokumen ke printer secara instant.

Sumber: Tabloid Sinyal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.