Senin, 07 November 2011

5 Cara Mudah Install Aplikasi Android

Tahukah bahwa selain via Market.android.com ada beberapa cara untuk menginstal beragam aplikasi android. Nah, kali ini hasil baca saya dari BG pulsa dimana ada 5 cara alternatif guna menginstal aplikasi android..

1. Android Market
aplikasi android gratis - download free software, games and apps android phonesTentunya kamu semua pemegang HP Android pasti akrab dengan market besutan google ini. Selain karena lengkap dan beragam, kamu juga mudah untuk mengunduh aplikasi yang ditawarkan. Begitu juga ketika aplikasi tersebut tersedia versi update, maka notifikasi HP menginformasikan agar kamu segera mengupdate aplikasi yang telah kamu unduh.

Lalu bagaimana jika kamu dapat file APK sumber lain, misalnya dari website atau forum lain yang memang menyediakan file APK untuk diinstal? Nah Android SPK merupakan jawaban yang tepat, sayangnya cara ini tak mudah tapi juga tak terlalu sulit. Langkah-langkahnya :
Download dan instal program android SDK dan android USB Driver pada PC kamu. Android SDK bisa diunduh di http://developer.android.com/sdk/index.html dan android USB Driver di http://developer.android.com/sdk/win-usb.html

  • Ganti setingan pada HP android kamu untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumberdaya lain. Pada menu>setting>Aplication Setting>Unknown Sources. Lalu pada menu>setting>SD Card & Phone Storage>aktifkan koneksi ke USB.
  • Langkah terakhir, buka Command Prompt Windows dan ketikkan "adb install <1>/<2>.apk".
  • Ganti <1> dengan path yang menuju ke file APK tersimpan dan ganti <2> dengan nama file APK, sebagai contoh adb instal C: angrybirds.apk.
  • Setelah aplikasi sudah terpasang, HP android kamu siap digunakan.
3. Android Injector
Cara lainnya adalah dengan menggunakan android injector. Aplikasi ini bisa didapkan dengan meng-googling  keyword 'instal android injector'. Apabila sudah didapatkan dan download, kamu harus menginstalnya di PC dan dapat disematkan di desktop. Adapun langkah-langkahnya untuk menginstal aplikasi androidnya adalah sebagai berikut :

  • Koneksikan PC dengan HP android kamu.
  • Setting HP dengan konfigurasi : setting>applications>development>centang tanda USB debungging.
  • Jalankan aplikasi android injector
  • Klik menu>check for attach device
  • Pilih file dengan mengklik 'select file' yang dapat kamu cari aplikasi mana yang ingin di download.
  • Setelah terpilih, klik 'instal to device' maka aplikasi akan terinstal di HP kamu.
  • Setelah selesai exit.
4. APK Installer
Cara ini sedikit mirip dengan Android SDK, hanya bedanya cara ini lebih mudah dan lebih sederhana karena kamu tidak perlu melakukan setingan di HP. Dengan aplikasi ini, kamu dapat menginstal file APK yang ada di computer/PC ke HP android hanya dengan melakukan double klik file APK tersebut. 
Berikut langkah-langkahnya :

Namun jika ingin instal APK tapi tidak ada kabel USB, kamu dapat gunakan cara lain. Misalnya kamu memindahkan file APK via kartu memori, bluetooth, atau mengirim APK ke email, lalu buka email untuk download APK. Gunakan cara yang menurut kamu mudah yang penting agar file APK itu bisa pindah ke HP android kamu. Setelah file APK tersebut berada pada HP android kamu, sebelum mendownloadnya pastikan aktifkan dulu/check list (v) pada 'unknown sources' yang bisa di atur di menu>setting>application.

5. Astro File Manager
Lain lagi ketika kamu menggunakan cara via astro file manager. Ada banyak jenis aplikasi file manager di android market, salah satunya apliaksi file manager yang bernama ASTRO File Manager.
Kalau kamu belum memilikinya, lebih baik kamu instal dulu ASTRO File Manager ini. Jika sudah ada, cari file APK yang tersimpan di kartu memori dengan menggunakan ASTRO File Manager. Langkahnya pun mudah :

  • Tunjuk aplikasi yang akan kamu instal.
  • Atau kamu yang menyimpan aplikasi di AppSaver, dapat membukanya via aplikasi file manager, dan kemudian menginstal sesuka seperti yang kamu inginkan. Dengan tambahan catatan, aplikasi yang terdapat dalam AppSaver, merupakan aplikasi yang pernah kamu download sebelumnya. Ini cukup efektif bagi kamu yang hobi bergonta-ganti HP android.

So, Please Try...

by : (iman-BG Pulsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.