Minggu, 02 Oktober 2011

ASAL USUL KATA


Eh, tahu nggak ada beberapa kata yang suka kita pakai sehari-hari asalnya dari Gunung Olympus Yunani...hehhee..jangan cuma tau Hercules dan Cupid aja! Penghuni Gunung Olympus juga punya andil kok dalam bendahara kata modern..

NArsIs
Narsis banget sih, lo? begitu kadang kita meledek orang yang suka mengagumi dirinya sendiri. Tahunya kata narsis itu sendiri berasal dari nama Narcissus, seorang pemuda yang tampan luar biasa. Gini nih ceritanya, suatu hari dia ingin minum di sungai, Narcissus melihat pantulan wajahnya sendiri di air, dan ia jatuh cinta pada bayangannya sendiri. Karena takut ngerusak wajah yang dia lihat di air, Narcissus akhirnya gak berani minum, dan kemudian mati karena kehausan. Tuh, makanya jangan terlalu narsis donk, hehehee......

Echo
Echo juga biasa kita sebut gaung, yaitu pantulan suara yang bunyinya berulang-ulang. Tapi dalam mitologi yunani, Echo adalah seorang peri hutan yang jatuh cinta pada Narcissus. Echo gak pernah berani buat deketin Narcissus, sehingga dia cuma mengamati cowok tampan ini dari jauh. Sampai suatu hari, Narcissus mendengar langkah kaki Echo dan bertanya, " siapa disana..?" tapi karena takut echo tidak menjawab dan malah mengulangi semua perkataan Narcissus. Ketika akhirnya Echo berani mendekati Narcissus, cintanya langsung ditolak oleh si cowok tampan tersebut sehingga membuat echo patah hati. Dan yang hanya bisa dilakukannya setelah itu hanyalah mengulangi bunyi dan suara orang lain. Duh, kasian amat ya..??

Hipnotis
Kata hipnotis ini berasal dari nama Hypnos, yaitu sang dewa tidur dalam mitologi yunani. Yup, dialah orang yang membuat orang-orang jatuh tertidur. Hypnos biasanya digambarkan sebagai seorang pria yang tertidur diatas ranjang empuk, berselimutkan kain hitam.

Morfin
Hypnos mempunyai anak buah kepercayaan yang bernama Morpheus, yang bertugas memberi mimpi dalam tidur orang-orang. Nama Morpheus ini akhirnya dipakai untuk kata Morfin, yaitu suatu zat yang bisa menimbulkan halunasi atau mimpi kepada pemakainya.


Atlas
Sekarang, kita mengenal Atlas sebagai buku yang berisi peta dunia. Padahal, pada zaman yunani kuno, Atlas adalah nama seorang titan. Kelompok titan kalah saat berperang melawan para dewa The Olympians yang dipimpin Zeus. Karena kekalahannya ini, Atlas lantas diberi hukuman untuk selamanya memanggul bumi dan langit di bahunya. Karena itulah kumpulan peta dunia disebut Atlas.

Panik
Panik adalah rasa takut yang datang mendadak dan biasanya mempengaruhi cara berpikir kita. Ternyata kata panik, berasal dari nama Pan, sang dewa hutan dan gembala yang juga menggemari musik. Saat kumpulan dewa The Olympus berperang melawan Titan, Pan berteriak dan menciptakan bunyi -bunyian yang membuat pihak lawan ketakutan secara mendadak. Karena jasanya ini, para dewa pun berhasil menjadi pemenang dalam peperangan tersebut. Akhirnya perasaan yang diciptakan oleh Pan tadi disebut Panik.


Achilles
Dalam dunia biologi, Achillesadalah nama otot tendon yang terletak di tumit kaki (heel). Frase Achilles "Heel juga dipakai secara luas untuk menyebutkan kelemahan fatal dibalik kekuatan yang besar. Nah, ini juga ada ceritanya, nih. Saat masih bayi, Achilles sang pahlawan dicelupkan ke dalam Sungai Styx oleh ibunya. Semua bagian yang terkena air sungai ini akan kebal. Tapai ada satu bagian tubuhnya yang nggak ikut terendam, yaitu bagian tumit kaki, karena disanalah sang ibu memegang Achilles bayi. Setelah dewasa, Achilles ikut serta dalam perang Toya, dan ia merupakan lawan yang sulit dikalahkan karena kekebalannya itu. sayangnya, satu buah panah mendarat tepat ditumitnya, dan hal ini membuat Achilles kalah. Owhhh!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.