Selasa, 13 Desember 2011

CARA MEMAKAI GOOGLE DOCS SECARA OFFLINE

Saat ini yang namanya media penyimpanan tidak hanya di komputer yang kita pakai. Jika hard disk kita terbatas, masih bisa memanfaatkan media penyimpanan di awan untuk menyimpan dokumen-dokumen kamu itu.

Berikut ini salah satu contoh pemanfaatan google docs, layanan aplikasi kerja berbasis awan, yang kini juga mulai dibuatkan versi offlinenya. Jadi walaupun tidak ada koneksi internet kamu tetap bisa bekerja. Syarat utamanya , berhubung layanan ini milik google di komputer kamu harus ada browser google chrome.

Tapi sebelum kita mulai, sebaiknya kita mengetahui satu kekurangannya. Berhubung layanannya masih dalam versi Beta, tentunya masih banyak kekurangan. Dimana menggunakan secara offline kita cuma bisa meninjau kembali dokumen-dokumen tanpa bisa mengedit apalagi membuat dokumen baru. kecuali kita terhubung ke internet nantinya.

1. Pertama, saat kita terhubung ke internet, login ke akun google docs kamu.
Setelah masuk, klik di icon pengaturan (Gear) di sudut kanan atas lalu setup  docs offline.

2. Berikutnya Klik "allow offline docs" lalu lanjutkan dengan mengklik "install from chome web store"

3. Setelah itu browser akan menuju ke webstore. Klik saja "add to chrome" supaya google docs langsung dipasang ke browser kamu. Klik Install saat kotak dialog "confirm instalation" muncul.

4. Tergantung kecepatan internet kamu saat itu. Google akan memasang google docs di browser. Jika selesai, akan muncul tab baru dimana kamu bisa langsung menggunakan aplikasi itu.

5. Sekarang buat dulu dokumen kerja kamu. Klik tombol create di sebelah kiri. atau kalau kamu sudah punya dokumen di hard disk dan ingin kamu simpan di goolge docs klik icon upload di sebelahnya.

6. Sesaat setelah selesai membuat dan memberi nama dokumen tutup saja tab dokumen itu. Jangan khawatir google docs otomatis menyimpan apapun yang kamu kerjakan tadi. Setelah itu, jangan khawatir semua dokumen yang sudah kamu buat akan otomatis disiapkan untuk dapat diakses secara offline. Nah kalau kamu ingin melihat secara offline, klik icon Gear di kanan atas lalu pilih " view offline docs".

7. Berikutnya akan terbuka tab baru dan daftar dokumen-dokumen kamu yang bisa diakses secara offline. Kamu bisa membuka dokumen yang sudah kamu buat. Kalau chrome mendeteksi adanya koneksi internet, ia akan memberikan opsi untuk beralih ke versi online. Klik saja "Switch to docs online" kalau kamu ingin kembali bekerja atau membuat dokumen baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.