Selasa, 13 Desember 2011

CARA MAKAN BUAH YANG BENAR

Buah adalah makanan yang kaya serat dan memiliki banyak macam vitamin. Oleh karena itu kita perlu mengetahui bagaimana cara makan buah yang baik dan benar.
Yu, kita intip seperti apa makan buah yang benar dan aman :

1. Sebaiknya makan buah itu minimal 10 porsi, 10 jenis dan 10 warna perhari. Agak susah sih tetapi sebagai pemula dimulai dengan 3 porsi, 3 jenis dan 3 warna seharinya. Tujuannya biar kita tidak tergantung pada jenis dan besar buah. Buah seperti anggur, stroberi 1 porsinya  sama dengan 5 buah. Apel, jeruk, pir dan pisang 1 porsinya sama dengan 1 buah. Sementara ukuran besar adalah semangka dan melon dimana 1 porsinya adalah 1 slice dengan potongan sedang.


2. Mencuci. Mencuci buah yang benar sebaiknya pakai air hangat. Kalau buahnya dilapisi lilin, maka buah harus dicuci memakai air hangat, lalu kerik lapisan lilin dengan pisau, cuci lagi keringkan.
Cara makan juga ada caranya. Bagi orang normal, makan buah sebaiknya langsung dan dikunyah. Kalau yang kesulitan sebaiknya diblender tanpa menambahkannya dengan gula.Ingat kalau diblender itu semuanya masuk. Soalnya buah yang dimakan dengan kulit tipis atau biji kecil seperti anggur dan apel kaya akan ati oksidan dan vitamin E.

3. Waktu yang tepat makan buah. Buat kamu yang pencernaannya tidak bermasalah makan buah bisa kapan saja. Tapi sebaiknya sebelum atau sesudah makan. Sementara buat yang bermasalah dengan lambung sebaiknya makan setelah selesai saja. Buat yang sedang menurunkan berat makan kalau bisa makan buahnya sebelum makan, biar perut cepat kenyang dan makan terkontrol.

info : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.