Sabtu, 17 Mei 2008

Pasar GSM Masih `Seksi` 5 Tahun ke Depan

Dalam lima tahun ke depan, layanan jaringan telekomunikasi generasi kedua (2G)-yang lebih dikenal dengan GSM (global system for mobile communication)-dinilai masih menjanjikan keuntungan dari cakupan basis pelanggan maupun meningkatnya trafik data.
Sementara untuk memperkuat layanan data, operator telekomunikasi segera mengikuti tren mendorong evolusi general packet radio services(GPRS) ke Geran.
Iman Hirawadi, Senior Manager Technical Business Development Wireless Networks Alcatel-Lucent Indonesia, menuturkan kecenderungan evolusi itu sesuai dengan tren yang berkembang.
"Ini [evolusi ke Geran] tren global tidak hanya di Indonesia tetapi di negara lainnya terutama operator GSM-nya tidak memiliki lisensi 3G," ujarnya.
Menurut dia, langkah itu didorong perkiraan bahwa dalam lima tahun ke depan pelanggan 2G masih signifikan. Di Indonesia, misalnya, dari total perkiraan 173 juta pelanggan seluler pada 2012, sekitar 79 juta menggunakan layanan 2G dan 15 juta lainnya yang menggunakan 3G.
Iman mengutip data terbaru dari perkiraan lembaga riset Business Monitor International pada kuartal II/2008. Dia memperkirakan sebanyak 79 juta pelanggan 2G itu turut didorong dari perluasan jangkauan atau pasar-pasar baru termasuk ke pelanggan dengan belanja pulsa atau ARPU (average revenue per user) rendah maupun penambahan pelanggan baru sebagai hasil dari tarif yang menguntungkan.
Iman menambahkan peningkatan trafik data dalam layanan 3G akan ikut mendongkrak trafik data di layanan 2G. "Ini dipakai sebagai overlay dan mendorong evolusi di GPRS melalui evolusi Geran yang mampu mencapai peak throughput paket data ke tingkat 1Mbps," paparnya.
ARPU data
Kemampuan itu adalah kemampuan tertinggi sejak GPRS diluncurkan. Secara terperinci kemampuan Geran membawa paket 1,3Mbps untuk downlink dan 653 kbps untuk uplink. Sementara GPRS atau EDGE mampu membawa 474Kbps data baik downlink maupun uplink.
Evolusi Geran diprediksi akan mendorong 40% lebih ARPU data dibandingkan dengan menggunakan EDGE. Pada tahun 2011, diperkirakan akan ada lebih dari 500 juta pelanggan Geran.
Alcatel Lucent menyatakan kesiapannya mendukung evolusi Geran yang akan menjadi strategi inovasi operator dalam evolusi GSM. "Operator yang sudah menggunakan teknologi Alcatel Lucent dan ingin evolusi ke Geran tinggal melakukan upgrade software saja," katanya.
Dia memperkirakan tren evolusi akan mulai berlangsung pertengahan atau akhir 2009 dan evolusi itu akan diikuti dengan penyesuaian handset yang mendukung. "Handset akan backward compatible artinya bisa tetap mendukung versi GPRS yang sebelumnya." (Sumber : Bisnis Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.