Minggu, 23 Maret 2008

Ponsel Cerdas Kapasitas Besar Multikoneksi

Di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini, miniaturisasi menjadi bagian penting untuk menjadikan berbagai produk yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk memiliki faktor bentuk yang tidak berubah, mudah dibawa, tetapi memiliki kapasitas penyimpanan data-data digital yang besar.

Kemajuan ini antara lain diterjemahkan ke dalam ponsel canggih disebut ponsel cerdas, yang tak lagi berfungsi sebagai alat percakapan teleponi saja tetapi berkembang memenuhi selera konsumen global untuk memiliki sebuah perangkat yang serba bisa ibarat menggunakan komputer.

Teknologi seluler 3G (baca triji) sudah digelar hampir semua negara di dunia dan masih mencari model bisnis yang tepat untuk bisa digunakan pelanggan serta mendorong peningkatan ARPU (average revenue per user). Teknologi ini juga mendorong fenomena lain untuk menghadirkan kemampuan baru ponsel cerdas yang tidak lagi hanya menjadi sekadar komputer dalam genggaman tangan.

Kecepatan akses memang tidak berbanding lurus dengan peningkatan ARPU, tetapi berbanding lurus dengan kapasitas penyimpanan data digital yang tersedia di jaringan internet dalam berbagai format. Dan memang menjadi rumusan tidak langsung semakin cepat kita mampu mengakses jaringan internet, semakin besar pula keinginan kita untuk menyimpan berbagai hasil data yang dipilih tersebut.

Di sisi lain, skala ekonomi pembuatan dan proses manufaktur penyimpan digital pun menjadi murah sehingga terjangkau konsumen umum. Penyimpan digital berbagai bentuk dan cara, mulai dari keping memori sampai cip tunggal, bisa didapat dengan harga beberapa ratus ribu rupiah dalam ukuran setidaknya sampai dengan 6 GB.

Hiburan digital

Tak bisa dimungkiri kalau iPod buatan Apple memulai fenomena ini dan menghadirkan perangkat pemutar musik digital dengan berbagai kapasitas penyimpan digital. Memiliki iPod seukuran ponsel dengan kapasitas penyimpan digital lebih dari 8 GB merupakan idaman banyak orang yang menyadari ribuan musik digital yang bisa dibawa ke mana-mana.

Fenomena ini pun ditangkap secara cerdas oleh Nokia asal Finlandia yang mulai memperkenalkan beberapa produk ponsel cerdas dengan memperbesar kapasitas penyimpan digitalnya. Produknya mungkin hanya menjadi face-lift dari seri sebelumnya, tetapi kemudian penambahan kapasitas juga berarti meningkatkan berbagai fitur yang sebelumnya tidak tersedia.

Produk Nokia N81 8GB dengan desain elegan setidaknya memenuhi proyeksi yang ingin ditampilkan di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi. Menggunakan sistem operasi Symbian OS 9.2 yang diramu dengan platform N-Gage, perangkat hiburan digital, N81 8GB memang memiliki kapasitas penyimpan digital yang besar.

Terasa janggal kalau ponsel cerdas terbaru Nokia, N81 8GB, ini tak memiliki koneksi HSDPA yang menjanjikan kecepatan jauh lebih tinggi daripada teknologi 3G. Namun, N81 8GB menjadi seperti "iPod killer" dengan berbagai aplikasi yang dijalankan oleh ponsel ini.

Memiliki layar 2,4 inci dengan tayangan warna sampai 16 juta menggunakan teknologi QVGA dan kamera digital dengan resolusi 2 megapiksel, N81 8GB ideal untuk jadi ponsel cerdas yang tak hanya mampu menayangkan berbagai isi digital secara multimedia, tetapi juga jadi ponsel cerdas dengan kemampuan penyimpanan data yang besar.

Cemerlang

Tak ada yang meragukan kalau fitur ponsel dengan N81 8GB dengan teknologi 3G dan panggilan video selalu menampilkan kualitas sempurna buatan Nokia. Rancangan desain yang cantik mengilat, dilengkapi dengan fungsi tombol Naviwheel yang bekerja seperti pengendali putar pada iPod, menjadikan ponsel cerdas Nokia ini nyaman digunakan untuk mendengarkan musik, melihat galeri foto, dan menu multimedia.

Detail yang dirumuskan pada N81 8GB dengan menghadirkan lampu yang meredup setelah tombol tak digunakan menjadikan ponsel ini sangat futuristik seperti menjanjikan masa depan yang cemerlang.

Fitur nirkabel dengan akses ke jaringan internet juga memberikan citra tersendiri bagi ponsel ini. Pilihan koneksi yang lengkap jadi prasyarat untuk menjadi ponsel cerdas yang bisa digunakan dalam berbagai lingkup kemungkinan untuk mengakses jaringan yang tersedia.

Nokia N81 8GB adalah simbol masa depan yang mengintegrasikan berbagai kemajuan menjadi kesatuan digital yang futuristik. Perluasan konektivitas dan kapasitas penyimpanan menjadikan N81 8GB sebagai perangkat musik digital yang ideal dan perangkat konsol permainan menggunakan platform N-Gage yang diidamkan orang muda. (Sumber: KOMPAS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.