Rabu, 26 Maret 2008

ASUS Eee PC Windows Lebih Laris Manis Ketimbang Linux

Laptop Eee PC besutan Asustek Computer (Asus) hadir dalam dua pilihan sistem operasi, Windows XP dan Linux. Diprediksi, Eee PC berbasis Windows XP Home Edition akan lebih laris dibanding versi Linux dengan rasio penjualan 6 berbanding 4 pada akhir tahun ini.

Asus memperkirakan hingga akhir tahun ini akan ada sekitar 5 juta unit laptop Eee PC yang dikapalkan. Dari jumlah tersebut, berdasarkan perkiraan rasio tadi, Asus akan mengapalkan 3 juta Eee PC berbasis Windows dan 2 juta berbasis Linux.

"Banyak konsumen yang menanti-nanti versi Windows," kata Jonney Shih, Chairman Asus di sebuah konferensi pers di Taipei.

Untuk versi Windows sendiri, saat ini Asus menjual laptop Eee PC dalam dua versi pilihan Windows yang berbeda. Versi yang lebih murah adalah Eee PC Surf XP. Laptop ini dilengkapi layar LCD 7-inci, NAND flash memory 4 Gb untuk penyimpanan, daya tahan baterai hingga 2,8 jam, dan DDR2 DRAM 512 Mb.

Sementara untuk versi Windows yang lebih mahal adalah Eee PC 4G. Laptop ini dibekali dengan sebuah SD (secure digital) card tambahan berkapasitas 4 Gb untuk penyimpanan, daya tahan baterai hingga 3,5 jam, dan kamera digital built-in 3-megapixel. Kedua laptop tersebut berjalan di prosesor Intel Pentium M 650MHz hingga 900MHz dengan berat kurang dari satu kilogram (kg).

Eee PC yang paling murah adalah yang versi Linux. Laptop ini menggunakan sistem operasi Linux Xandros dan dilengkapi NAND flash 2Gb untuk penyimpanan. (Sumber: detikinet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.