Senin, 01 Agustus 2011

Ingat, Sekarang Jamannya Google Panda

Google Panda iyalah update dari algoritma google, maksudnya deretan kode program yang menjalankan sistem pengindeks search engine google sebagai pengganti algoritma sebelumnya. Google Panda sudah hadir di luar negri sejak 28 February 2011 (menurut Artikel yang saya baca), dan masuk Indonesia baru-baru ini.

Apa tujuan Google Panda?
Tujuan Google Panda yaitu untuk menghukum bagi situs/blog dengan konten jiplakan atau copas dan konten tidk berkualitas/tidak bermutu.

Salah satu amukan panda yang terbukti adalah melenyapkannnya domain CO.CC. Karena disinyalir blog yang berdomain gratis itu banyak digunakan untuk untuk Malware, Spam, dan Splog. Sehingga situs atau blog yang menempati halaman pertama pencarian google bisa dipastikan adalah situs yang berkualitas dan relevan.

Jadi apa yang Google Panda inginkan?
Menurut sobat sesama blogger si masih kurang jelas apa yang Google Panda inginkan, bagaimana struktur algoritma yang di rancang dan penilaian untuk indeks blog terbaik di google.

Mungin salah satunya yang Google Panda inginkan adalah:
  • Backlink
    Era Google Panda tidak terlalu membutuhkan backlink pada optimasi SEO, tapi mereka membutuhkan konten yang berkualitas dan bermutu.
    Di era sebelumnya memang backlink sangat di perlukan untuk posisi pada SERP dan PageRank, tapi di era Google Panda hanya backlink yang berkualitas untuk blog sobat yang akan dinilai, jadi apakah backlink penting? bagi ane masih penting karena backlink juga bisa bikin ngetop blog kita di SERP.
  • Konten
    Mungkin sobat bingung kenapa bisa artikel copas yang muncul di halaman depan google? tapi artikel asli atau bukan hasil dari copas tidak masuk?.
    Nah, untuk tau jawaban nya silahkan sharing bersama blogger-blogger master yang bisa sobat percaya soalnya ane tidak tahu kalau masalah itu heheh.
  • Blog Ringan
    Bagi sobat yang sudah lama ngeblog mungkin sudah tahu hal seperti ini, tapi bagi sobat baru sama kaya ane mungkin belum terlalu tahu hal seperti ini. Sebenarnya salah satu faktor yang membuat blog berat adalah memasang gadget-gedget yang tidak perlu.
    Google saat ini sangat memperhatikan blog yang ringan, loading yang cepat, dan membuat nyaman pengunjung, tidak hanya Google, Yahoo dan Bing juga sama.
Jadi Kesimpulannya di era Google Panda ini adalah:
  • Membuat atau mencari backlink yang berkualitas dan variatif. Haruslah sesuai atau relevan dengan tulisan atau blog kita. Jangan sampai tulisannya tentang BLOG eh ada link yang mengarah dengan blog tentang MP3, kan gak nyambung banget.
  • Buatlah konten atau Artikel asli bukan dari copas, tapi jika sobat ingin menambah ilmu dan menaru tulisannya di blog silahkan tapi jika artikel sobat ingin di baca orang melalui SERP, sadarilah bahwa sekarang eranya sudah berubah sob. Mungkin Bisa saja Artikel dari copas bisa masuk SERP tapi jangan harap selamanya bertahan di SERP.
  • Jangan memasang terlalu banyak widget atau iklan. Karena dengan widget yang banyak selain membuat pembaca kurang fokus juga akan membuat blog kita menjadi berat, loadingnya lama dan itu tidak disukai oleh Google Panda.
Mungkin sekian dulu ah capek ni tangan ngetik he..he... Itu tadi sedikit tentang penjelasan apa itu Google Panda dan apa maunya Google Panda. kalau ada salah kata maap ya? kan saya bukan master hanyalah orang biasa yang ingin berbagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.