Jumat, 30 September 2011

10 Rahasia Pengusaha Sukses

Menjalankan sebuah usaha pribadi adalah cara yang kreatif, fleksibel dan menantang untuk menjadi bos bagi diri sendiri dan memetakan masa depan anda. Ini pastinya menciptakan kehidupan bagi diri kita sendiri. Dari tempat yang nyaman di sebuah perusahaan dimana gaji kita dapat secara teratur, anda akan memasuki terotori bisnis yang penuh dengan ketidakpastian. Adakah cara untuk menentukan apakah anda dapat menjadi pengusaha berhasil, atau lebih baik bekerja untuk orang lain? tidak ada formula untuk sukses. Namun, kebanyakan pengusaha sukses membagi 10 karakter ini. Cek jika anda memiliki salah satunya :

1. Berpikir Sukses
Untuk mendapatkan kesuksesan yang diinginkan, kita perlu bermimpi besar. Setiap kesuksesan dimulai dengan impian besar. Misal kita ingin menjadi kaya, terkenal dan berkecukupan. Namun mimpi saja tidak cukup. Kita harus aktif memvisualkan sukses dalam pikiran kita sehingga dapat kita rasakan.
Para pakar manajemen telah mengajarkan pada kita kekuatan visualisasi-dengan melihat diri kita didalam pikiran untuk mencapai impian-impian kita.
2. Memiliki Hasrat pada apa yang kerjakan
Kita memulai bisnis untuk merubah sebagian atau seluruh hidup kita. Untuk melakukan perubahan ini, kita perlu mengembangkan atau membuka hasrat personal kita terhadap perubahan baru. Keberhasilan akan datang jika kita mencintai apa yang kita kerjakan.
Mengapa? karena kita akan lebih bersemangat mengejar tujuan terhadap apa yang kita cintai. Jika kita membenci pekerjaan kita sekarang, apakah kita akan berhasil? tidak sama sekali! Meskipun kita menjadi kompeten melakukan tugas tersebut, namun kita tidak akan pernah meraih keberhasilan yang besar. Keberhasilan dalam bisnis adalah masalah kesabaran dan kerja keras, yang hanya didapatkan jika kita memiliki hasrat terhadap tugas dan kegiatan yang kita kerjakan.
3. Fokus pada kelebihan kita
Mari kita hadapi bahwa kita tidak dapat menjadi apapun bagi semua orang. Kita memiliki kelebihan dan kekurangan. Agar efektif, kita harus mengenali kelebihan dan berkonsentrasi pada hal tersebut. Kita akan menjadi semakin sukses jika mampu menggabungkan dengan upaya kita di area yang kita kuasai dengan baik.
4. Pantang memikirkan kemungkinan gagal
Sebagai seorang pengusaha, kita sepenuhnya percaya dengan sasaran dan apa yang kita lakukan. Pikirkan apa yang kita kerjakan akan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan diri kita sendiri. Kita harus memiliki keyakinan yang kuat atas ide, kemampuan dan diri kita sendiri. Kita harus yakin dibalik bayangan keraguan, kita memiliki kemampuan untuk mengenali dan mengatasinya. Tanpa keberanian, tidak ada kemenangan.
5. Rencanakan dengan baik
Kita memiliki visi, dan yakin dapat mencapai visi kita. Tapi, tahukah kita bagaimana mencapai visi kita? Untuk mencapainya, kita harus memiliki tujuan konkrit sebagai batu loncatan untuk visi kita. Tulislah sasaran kita, jangan hanya untuk berfantasi belaka.
6. Kerja Keras!
Setiap pengusaha sukses bekerja keras. Tidak ada orang sukses hanya dengan berpangku tangan. Seperti yang dikatakan Brian Tracy, " Kita bekerja selama 8 jam sehari untuk bertahan hidup, semua hal setelah 8 jam sehari adalah untuk kesuksesan." Jika kita berada di tahap awal, kita harus bernafas, makan dan minum dengan bisnis sampai bisnis kita bisa berjalan. Kerja keras akan mudah jika kita memiliki visi, sasaran yang jelas, dan hasrat pada apa yang kita kerjakan.
7. Terus menerus memperluas jaringan
Didalam bisnis, kita dinilai oleh perusahaan yang kita jalankan-dari tim manajemen, dewan direksi, dan rekan stratejik. Bisnis selalu memerlukan bantuan, terlebih usaha kecil.  Agar berhasil dalam bisnis, kita harus memiliki ketrampilan networking yang bagus dan selalu jeli melihat peluang yang ditawarkan kontak kita.
8. Kemauan untuk belajar
Kita tidak harus bergelar MBA atau PhD untuk berhasil dalam bisnis. Banyak pengusaha yang tidak menyelesaikan pendidikan menengah mereka. Namun, mereka meraih potensi secara penuh untuk mencapai tujuan finansial dan bisnis, karena mereka mau belajar. Untuk berhasil, kita harus mau bertanya, ingin tau, tertarik dan membuka pada pengetahuan baru apalagi seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi.
9. Memiliki keteguhan dan keyakinan
Tidak ada seorang pun yang mengatakan jalan menuju sukses itu mudah. Disamping intensitas dan kerja keras, terkadang kita mengalami kegagalan. Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran dan kekalahan, bahkan bangkrut, namun mereka segera bangkit untuk membuat perhitungan. Ingatlah, jika kita memiliki keteguhan, tidak ada yang dapat menghentikan kita.
10. Disiplin Pribadi
Thomas Huxley mengatakan Lakukan apa yang harus kita lakukan, apakah kita menyukainya atau tidak. Disiplin diri adalah kunci sukses. Kemauan yang kuat akan mendorong diri kita untuk menebus harga kesuksesan - melakukan apa yang tidak disukai orang lain, menempuh perjalanan panjang, bertarung dan menjadi pemenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.